Mata Kuliah : Perencanaan Pembelajaran Matematika
Dosen : Nurma Izzati, M.Pd
Semester / SKS : IV / 2
Fakultas / Jurusan : Tarbiyah / Matematika
Pertemuan pertama akan membahas mengenai analisis kemampuan pembelajaran. Analisis ini dilakukan oleh seorang guru untuk mengetahui beberapa faktor karakteristik yang ada pada peserta didik. Faktor-faktor tersebut antara lain, emosi, penggunaan bahasa, IQ, SQ, EQ, psikologi, dan lain sebagainya. RPP (Rancangan Perencanaan Pembelajaran) yang dibuat oleh guru harus tepat sasaran terhadap peserta didik.
Dosen : Nurma Izzati, M.Pd
Semester / SKS : IV / 2
Fakultas / Jurusan : Tarbiyah / Matematika
Pertemuan pertama akan membahas mengenai analisis kemampuan pembelajaran. Analisis ini dilakukan oleh seorang guru untuk mengetahui beberapa faktor karakteristik yang ada pada peserta didik. Faktor-faktor tersebut antara lain, emosi, penggunaan bahasa, IQ, SQ, EQ, psikologi, dan lain sebagainya. RPP (Rancangan Perencanaan Pembelajaran) yang dibuat oleh guru harus tepat sasaran terhadap peserta didik.
Kita bisa ambil contoh sebagai berikut :
Kita akan berperang dengan musuh kita, tentu kita harus mengetahui musuh itu berasal dari mana, mempunyai persenjataan apa, menggunakan gaya perang seperti apa, berapa jumlah orang yang akan berperang, dan sebagainya. Tidak mungkin kita langsung bawa alat perang ke medan laga, tanpa mengetahui musuh kita seperti apa.
Analisis dilakukan sebelum pendidik membuat RPP agar sasarannya tepat dan mengena terhadap peserta didik. Setelah kita mengetahui anak didik kita seperti apa, kita dapat menentukan media pembelajaran yang tepat, metode pembelajaran, strategi pembelajaran, pendekatan yang tepat. Pembuktian analisis ini dilakukan dengan observasi, angket, dan wawancara.
Lebih jelasnya, Anda bisa mendownload makalah dan PP.Tugas :
- Buatlah 20 pertanyaan angket!
- Buatlah 30 pertanyaan observasi!
- Buatlah 10 pertanyaan wawancara!
Klik untuk melihat kode: