The journey to the light . . . .

Sabtu, 13 September 2014

Cara Khusyu' dalam Sholat


Assalaamu’alaikum wr. wb.
Buya Saya mau tanya. Bagaimana caranya agar kita bisa khusyu’ dalam sholat ?
Syukron , 

’Alaikum Salam wr. wb.
Khusyu' dalam shalat adalah hadirnya hati dan fikiran dengan apa yang sedang kita baca. Sehingga memikirkan surga atau neraka disaat shalat tidak termasuk khusyu’ jika bacaan kita tidak menerangkan tentang surga atau neraka. Adapun cara-caranya adalah :
  1. Shalatlah pada waktunya (harus ada waktu khusus untuk shalat). Jangan sampai shalat kita lakukan disela-sela kesibukan, seperti saat masak atau yang lainnya, akan tetapi khususkan waktu untuk sholat dan selain shalat kita singkirkan. 
  2. Memahami makna bacaan dalam shalat agar senantiasa hati dan akal pikiran kita dapat terkait dengan makna bacaan dan tidak melayang kemana-mana.
  3. Menyingkirkan penyebab hilangnya khusyu', seperti mematikan HP / TV. Dan jika kita lagi ada janji hendaknya berpesan pada orang untuk menunggu.
  4. Masuklah kedalam sholat dengan tidak tergese-gesa dengan berwudhu secara pelan berikut mendahulukan shalat qobliah dengan pelan.
  5. Jangan terburu-buru disaat hendak keluar dari sholat dengan melazimi wirid dan doa dan ditutup dengan shalat ba'diyah bagi sholat yang ada ba'diyahnya.
  6. Memohonlah kepada Alloh agar diberi kekhusyu’an, sebab kekhusyu’an adalah karunia dari Alloh.
Wallahua’lam bisshowab

Jangan lupa, kunjungi ceramahbuyayahya.wordpress.com ya..
Rasulullah SAW bersabda yang artinya :
"Sesiapa yang menunjukkan suatu kebaikan maka ia akan mendapatkan pahala yang sama dengan orang yang melakukannya." HR. Imam Muslim




Klik untuk melihat kode: :) =( :s :D :-D ^:D ^o^ 7:( :Q :p T_T @@, :-a :W *fck* x@

TOP